PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN

A.Pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan
   
   Setiap makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Proses pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup terjadi secara beriringan. Pada pertumbuhan berbiji, pertumbuhan diawali dengan perkembangan biji (germinasi).

1. Pengertian pertumbuhan dan perkembangan

   Pertumbuhan adalah proses bertambahnya ukuran (diantaranya volume, massa, dan tinggi) pada makhluk hidup. Contoh pertambahan tinggi batang dan jumlah daun. Pertumbuhan ini bersifat irreversible (tidak dapat balik)
   Pertumbuhan tumbuhan terjadi karena adanya pertambahan jumaljsel dan pembesaran sel. Proses ini terjadi akibat pembelahan mitosis pada jaringan yang bersifat meristematis, contoh pada ujung batang. Pada pembelahan tersebut dari satu sel akan dihasilkan dua sel anakan. Sel-sel anakan tersebut mempunyai sifat genetik yang sama dengan induknya.
   Pertumbuhan juga merupakan proses kuantitatif, artinya dapat diukur dan dinyatakan dengan angka. Pengukuran pertumbuhan tumbuhan dapat dilakukan menggunakan auksanometer. Auksanometer berfungsi untuk mengukur kecepatan bertambahnya panjang batang tanaman. Perhatikan gambar berikut
Gambar 1.1 contoh grafik pertumbuhan
Gambar 1.2 aukasanometer


Pengukur tumbuhan akan menghasilkan suatu grafik sigmoid. Perhatikan contoh grafik pertumbuhan pada gambar 1.2! Berdasarkan grafik tersebut, pertumbuhan dibagi menjadi empat fase berikut.
A. Fase lag (pertumbuhan lambat, sel-sel yang membelah hanya sedikit)
B. Fase eksponensial (pertumbuhan mencapai maksimum, sel-sel aktif membelah danmengalami elongasi)
C. Fase pertumbuhan lambat (pertumbuhan konstan, melambat)
D. Fase stasioner (pertumbuhan terhenti atau nol, ukuran tumbuhan sudah tidak mengalami perubahan)
E. Fase kematian (tumbuhan mengalami penuaan)

Perkembangan merupakan proses perubahan yang menyertai pertumbuhan, menuju tingkat pematangan atau kedewasaan makhluk hidup. Proses perkembangan akan terbentuk struktur dan fungsi organ yang semakin kompleks dan sempurna. Perkembangan merupakan proses kualitatif sehingga tidak dapat diukur. Contoh perkembangan pada tumbuhan yaitu munculnya bunga sebagai alat perkembangbiakan.
   Pada tumbuhan, pertumbuhan dan perkembangan diawali dengan perkecambahan biji. Perkecambahan dapat terjadi apabila kandungan air dalam biji semakin tinggi. Masuknya air ke dalam biji melalui proses imbibisi. Air yang masuk akan memacu embrio dalam biji untuk melepaskan hormon giberelin. Hormon ini mendorong pelepesan enzim yang berfungsi menghidrolisis makanan cadangan sehingga terbentuk energi. Energi ini digunakan untuk proses awal pertumbuhan dan perkembangan embrio dalam biji. Struktur yang pertama muncul dan menyobek selaput buji adalah radikula. Radikula merupakan calon akar primer. Radikula adalah bagian dari hipotokoli. Selanjutnya, pada bagian ujung sebelah atas tumbuh epitikol (calon batang).
   Berdasarkan letak kotiledon pada saat berkecambah, ada dua tipe perkecambahan, yaitu perkecambahan epigeal dan perkecambahan hipogeal.

A. Perkecambahan epigeal
   Ciri utama tipe perkecambahan ini ditandai dengan terangkatnya kotiledon ke atas permukaan tanah. Hal ini dikarenakan terjadi pemanjangan bagian hipokotil yaitu ruas batang dibawah kotiledon. Kotiledon dan plumula/bakal daun terdorong kepermukaan tanah. Perkecambahan tipe ini umumnya terjadi pada biji tanaman dicotyledoneae, contoh pada kacang hijau dan kacang kedelai.


B. Perkecambahan hipogeal 
   Ciri utama tipe perkecambahan hipogeal ditandai dengan tertinggalnya kotiledon di dalam tanah. Pada perkecambahan hipogeal, bagian yang mengalami pemanjangan adalah ruas batang di atas kotiledon atau disebut epikotil sehingga bakal daun atau plumula menembus tanah dan kotiledon tetap didalam tanah. Perkecambahan hipogeal terjadi pada biji tumbuhan monocotyledoneae, contohnya pada jagung dan padi, serta beberapa jenis tumbuhan dicotyledoneae, contohnya kacang kapri.
Pada akhir perkecambahan terbentuk akar, batang, dan daun. Selanjutnya, tumbuhan mengalami pola-pola pertumbuhan seperti berikut.




Komentar

Postingan Populer